Terkendala Smelter, MIND ID Sebut Belum Siap Setop Ekspor Tembaga

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Februari 2023, 10:51
mind id, larangan ekspor tembaga, tembaga, freeport, hilirisasi, smelter
Kementerian ESDM
Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Direktur Utama PT Freeport Indonesia Tony Wenas, meninjau proyek smeter tembaga milik Freeport di Gresik, Jumat (29/7/2022).

Mining Industry Indonesia atau MIND ID menyampaikan bahwa PT Freeport Indonesia masih belum siap untuk menyetop ekspor tembaga pada pertengahan tahun ini untuk mendukung program hilirisasi pemerintah. Sebab pembangunan smelter Gresik molor imbas Pandemi Covid-19.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso, mengatakan meski pihaknya belum sanggup menghentikan ekspor tembaga, pihaknya siap untuk menghentikan ekspor bauksit. "Kalau bauksit siap, kalau tembaga gak siap," kata Hendi saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Senin (7/2).

Pernyataan Hendi sekaligus menjawab pertanyaan yang diajukan oleh anggota Komisi VII DPR, Ramson Siagian yang bertanya soal kesiapan MIND ID untuk menjalankan amanat larangan ekspor mineral mentah yang tertuang di dalam Pasal 170A Undang-Undang (UU) Nomor 3 tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Pada forum yang sama, Direktur Utama Freeport, Tony Wenas, menyampaikan bahwa pembangunan smelter tembaga Gresik merupakan kewajiban perusahaan setelah Freeport mendapatkan perpanjangan kontrak Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) pada 2018.

Ketetapan tersebut mewajibkan Freeport untuk merampungkan proyek smelter dalam jangka waktu lima tahun, tepatnya pada 21 Desember 2023. Belakangan, target tersebut harus dikoreksi karena proyek mengalami keterlambatan imbas Pandemi Covid-19.

Terbaru, proyek smelter Gresik diproyeksikan beroperasi komersial pada akhir 2024. Adapun kemajuan konstruksi smelter Gresik hingga akhir Januari 2023 baru mencapai 54%. "Pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi kami sehingga kami mengajukan ada keterlambatan proyek kepada pemerintah," ujar Tony.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...