Pertamina Uji Coba Pembelian Elpiji 3 kg dengan KTP ke Pelosok Daerah

Happy Fajrian
7 Februari 2023, 18:40
pertamina, lpg, elpiji, ktp
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Pekerja menata tabung gas elipiji ukuran tiga kilogram di salah satu agen LPG Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (21/1/2020).

Pertamina akan memperluas area uji coba pembelian gas Elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso mengatakan bahwa saat ini uji coba pendaftaran konsumen gas melon sudah dilakukan di mana sistem MyPertamina telah mendapatkan akses database Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Advertisement

Menurut Harsono, sistem MyPertamina telah berhasil melakukan pencocokan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan KTP konsumen dengan database P3KE dari Desil 1-7 yang telah diserahkan Kemenko PMK ke Patra Niaga.

“Uji coba untuk pendaftaran konsumen LPG 3 kg sudah dilakukan dimana sistem My Pertamina sudah mendapatkan akses database dari P3KE dan tahun ini roadmap direncanakan di Pulau Jawa, Bali, NTB,” ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII di Jakarta, Selasa (7/2).

Estimasi data P3KE mencapai 47 juta Kepala Keluarga atau setara 170 juta NIK. Sebelumnya, mekanisme pendaftaran konsumen subsidi LPG tepat sasaran telah dilakukan di 5 kabupaten.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement