Isu Kelistrikan dan Pipa Musabab KKKS Tak Capai Target Produksi Migas

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Februari 2023, 11:15
produksi migas, skk migas, lapangan migas
SKK Migas
SKK Migas - KKKS Bumi Siak Pusako menggelar syukuran atas selesainya pengeboran sumur eksplorasi Nuri-1X yang berada di Dusun Plambayan, Provinsi Riau (29/12/2022).

SKK Migas menemukan sejumlah kendala operasional seperti masalah kelistrikan dan perpipaan di sejumlah lapangan migas yang menyebabkan penghentian produksi migas secara tidak terduga atau unplanned shutdown.

Ini menjadi faktor penghambat kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) dalam mencapai target produksi sepanjang 2022. Plt. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Mohammad Kemal, mengatakan fasilitas produksi yang kian berumur juga menjadi tantangan besar dalam upaya peningkatan produksi minyak domestik.

Advertisement

"Permasalahan tersebesar dari tahun lalu salah satunya karena masalah kelistrikan dan pipeline," kata Kemal kepada Katadata.co.id melalui lewat pesan singkat pada Rabu (8/2).

Merujuk laporan kinerja SKK Migas 2022, tingkat produksi minyak sejak Januari sampai Desember tahun lalu cenderung naik-turun akibat kendala produksi yang terjadi tiap bulan.

Pada bulan Januari terjadi unplanned shutdown di lapangan Banyu Urip Blok Cepu, Jawa Tengah. Penghentian produksi sementara di Blok yang dikelola oleh Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) diakibatkan oleh kendala kelistrikan.

SKK Migas juga mencatat lapangan minyak Kedung Keris yang masuk dalam wilayah EMCL Kabupaten Bojonegoro mengalami kendala berupa korosi pada pipa penyalur pada Maret hingga Mei.

Selanjutnya ada kebocoran pipa di wilayah kerja PT Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES yang berdampak pada kehilangan produksi minyak sekitar 10 ribu barep per hari (bopd). Akibatnya, realisasi produksi PHE ASES sepanjang tahun 2022 berada di 19.638 bopd atau 79,8% dari work program and budget (WP&B).

Untuk menekan jumlah unplanned shutdown, pemerintah meningkatkan program audit maintenance sembari memasfikan program pengeboran yang lebih agresif dan tepat waktu. Adapun target pengeboran tahun ini sejumlah 991 sumur.

Lebih lanjut, pemerintah tahun ini berencana untuk penambahan 9 proyek onstream dan 2 proyek yang terlambat dari tahun sebelumnya serta pengoperasian penuh lapangan JBT dan onstream Tangguh Train 3.

"Kemudian ada tambahan program di atas rencana kerja dan anggaran 2023 berupa filling the gap yang diharapkan mencapai 15 ribu bopd," ujar Kemal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement