Pertamina Hidupkan Lagi 500 Sumur Menganggur di Blok Rokan

Happy Fajrian
8 Februari 2023, 12:06
blok rokan, pertamina, produksi minyak
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Sejumlah tamu mengamati pengoperasian Rig (alat pengeboran minyak bumi) PDSI 49 milik PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Duri, Riau, Senin (8/8/2022).

PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) mereaktivasi 500 sumur lama yang tidak aktif atau idle di sejumlah lapangan di Blok Rokan, Riau, guna mendongkrak produksi minyak tahun ini. Sumur idle adalah sumur yang tidak aktif lebih dari enam bulan.

EVP Upstream Business PHR Edwil mengatakan bahwa reaktivasi sumur dilakukan melalui pekerjaan work over dan well service. Pekerjaan ini juga telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun, baik sebelum maupun sesudah alih kelola Blok Rokan dari Chevron.

“Upaya reaktivasi 500 sumur idle di Wilayah Kerja Rokan boleh dikatakan memenuhi hampir setengah, dari target yang sudah ditetapkan SKK Migas sebanyak 1.086 sumur idle secara nasional," ujarnya di Pekanbaru, Rabu (8/2).

Ia menjelaskan, peningkatan kegiatan reaktivasi sumur idle merupakan salah satu kesepakatan dalam kegiatan rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan dan perencanaan sumur idle 2022-2024, yang digelar oleh Divisi Perencanaan Eksploitasi SKK Migas bersama 27 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Bandung, pertengahan Desember 2022.

SKK Migas menetapkan program reaktivasi pada 2023 mencapai 1.086 sumur idle dengan perkiraan produksi awal mencapai 38.000 barel per hari (bph).

“Pada 2022, PHR juga telah mereaktivasi 200 sumur idle. Kegiatan ini terus ditingkatkan dan ditambah lagi dengan strategi aliansi untuk mendukung produksi minyak nasional,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...