BP Pangkas Target Penurunan Emisi Karbon Demi Kerek Produksi Migas

Happy Fajrian
8 Februari 2023, 15:42
emisi karbon, bp, inggris, produksi migas
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Logo BP (British Petroleum).

Perusahaan minyak dan gas (migas) asal Inggris, British Petroleum (BP) mengumumkan akan merevisi target penurunan emisi karbon untuk mengakomodasi peningkatan produksi migas seiring tingginya permintaan energi global.

Sebelumnya raksasa energi Inggris ini menargetkan untuk menurunkan emisi sebesar 35-40% pada 2030, dan mencapai target net zero emission pada 2050. Namun BP menyatakan menurunkan target penurunan emisinya sebesar 20-30%.

“BP membantu menyediakan pasokan energi yang dibutuhkan dunia sembari berinvestasi pada transisi menuju energi hijau,” kata CEO BP Bernard Looney, seperti dikutip dari BBC pada Rabu (8/2).

Pemangkasan target penurunan emisi ini dilakukan di tengah capaian BP yang sukses melipatgandakan laba bersihnya menjadi US$ 27,7 miliar pada 2022, dibandingkan tahun sebelumnya, seiring tingginya harga energi imbas invasi Rusia ke Ukraina.

“Strategi baru BP sepertinya sudah sangat dilemahkan oleh tekanan dari investor dan pemerintah untuk menghasilkan lebih banyak uang kotor dari minyak dan gas,” kata seorang aktivis iklim Greenpeace.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...