Pemerintah Diminta Kaji Rencana Perluasan Pembelian LPG 3 Kg Pakai KTP

Happy Fajrian
9 Februari 2023, 17:57
gas elpiji, elpiji 3 kg, lpg 3 kg, ktp
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/hp.
Pekerja mengangkut tabung gas elpiji 3 kilogram bersubsidi di Pangkalan Gas di Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (25/4/2020).

Pemerintah berencana memperluas ujicoba pembelian gas elpiji (LPG) 3 kg menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) hingga ke pelosok Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ekonom dari Center of Reform on Economic (Core) Yusuf Rendy Manilet menilai, perluasan uji coba ini perlu dikaji dan disempurnakan berdasarkan evaluasi dari lima wilayah sudah menerapkannya lebih dulu.

“Dari uji coba ini sebenarnya bisa diketahui apa yang perlu disempurnakan dari kebijakan pembelian gas elpiji 3 kg melalui penggunaan KTP,” ujar Yusuf saat dihubungi di Jakarta, Kamis (9/2).

Sebelumnya pada 2022, uji coba dilakukan di lima kecamatan wilayah Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Semarang, Batam, dan Mataram.

Yusuf mengatakan, uji coba ini berpotensi untuk menyulitkan pembelian, sebab masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kebijakan tersebut. Karena itu, perlu adanya penunjukan warung atau toko yang dapat melaksanakannya.

Selain itu, masyarakat perlu mendapat sosialisasi agar mengetahui warung/toko mana saja yang menerapkan kebijakan tersebut. “Selain itu dari pemilik warung pun perlu paham bagaimana mekanisme dalam menjalankan kebijakan yang baru ini,” kata Yusuf.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...