Jokowi Perintahkan Erick Thohir Benahi Masalah Gas di Industri Pupuk

Andi M. Arief
10 Februari 2023, 15:09
jokowi, gas, pabrik pupuk, erick thohir
YouTube-Sekretariat Presiden
Tangkapan layar Presiden Jokowi memberikan sambutan saat meresmikan pabrik pupuk PT Pupuk Iskandar Muda di Kabupaten Aceh Utara, Nanggroe Aceh Darussalam, Jumat (10/2).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram mengetahui dua pabrik pupuk di Aceh tak beroperasi karena terkendala pasokan gas. Dua pabrik pupuk yang ia maksud yaitu Aceh ASEAN Fertilizer (AAF) dan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara perresmian pabrik pupuk NPK PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Kabupaten Aceh Utara, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada Jumat (10/2), siang.

Advertisement

Dalam sambutannya, kegeraman Jokowi terlihat saat ia meninggikan suaranya karena dua aset besar tersebut tak bisa berproduksi karena terkendala pasokan gas sejak 2005.

"Saya lihat di sini, di Aceh ada dua pabrik pupuk yang berhenti. Problemnya apa? Ini sudah sejak 2005 problemnya adalah gas. Kalau gas dari dalam negeri tidak cukup apakah tidak bisa impor agar pabriknya jalan?" kata Jokowi.

Oleh karena itu dia memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk mencari solusi agar kedua pabrik tersebut dapat segera beroperasi. "Bertahun-tahun kita diamkan saja aset sebesar ini. Itulah yang saya tugaskan kepada Menteri (BUMN) Erick Thohir, agar bisa dijalankan dua-duanya," ujarnya.

Ia bersyukur meski saat ini baru pabrik pupuk milik PT PIM telah beroperasi. Sedangkan pabrik pupuk AAF masih banyak masalah yang harus dicarikan solusinya. "Ya jalan dulu satu tidak apa-apa. PIM 1, PIM 2 jalani, kebutuhan gas dicarikan. Ini kebutuhan dasar yang kita inginkan," ujarnya

Dia berharap, dari investasi yang telah digelontorkan sebesar Rp 1,7 triliun untuk pabrik pupuk PT PIM, baik untuk industri MTK-nya maupun sarana-sarana pelabuhan, kapasitas produksi pabrik dapat dimaksimalkan yakni 1,14 juta ton. "Sehingga kita bisa selesaikan keluhan-keluhan petani," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement