Gempa Magnitudo 4,7 dan 5,3 Guncang Ransiki, Papua Barat

Happy Fajrian
13 Februari 2023, 06:33
gempa, gempa bumi, papua, papua barat, jayapura, ransiki, bmkg
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/aww.
Kondisi lantai Gedung Sasana Krida Kompleks Kantor Pemerintah Provinsi Papua yang mengalami kerusakan setelah terjadinya gempa bumi di Jayapura, Papua, Jumat (10/2/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Ransiki, Papua Barat, pada Senin pukul 00.38 WIB atau 02.38 WIT.

Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG, pusat gempa berada di 1 km tenggara Ransiki, Papua Barat. Adapun koordinat gempa berada pada 1.49 Lintang Selatan (LS) dan 134.17 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman 20 kilometer.

Advertisement

Menurut BMKG gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, tapi masyarakat diimbau untuk selalu hati-hati dan waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

Sebelumnya pada Minggu (12/2) pukul 17.43 WIB kota Ransiki telah diguncang gempa dengan magnitudo 4,7. Pusat gempa berada di laut 16 km timur laut Ransiki. Guncangan juga dirasakan hingga Manokwari.

Papua telah diguncang gempa sejak Kamis (9/2) ketika gempa bermagnitudo 5,4 terjadi di sebelah tenggara Kota Jayapura, Papua. Gempa menyebabkan empat orang meninggal dunia.

Korban meninggal lantaran tertimpa bangunan kafetaria yang roboh. Kafetaria tersebut terletak di atas perairan sehingga tim penyelam harus dikerahkan untuk membantu proses evakuasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement