Pemerintah Perlu 3 Langkah Stategis Capai Produksi Minyak 1 Juta Barel

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Februari 2023, 12:11
produksi minyak, migas, 1 juta barel
Arief Kamaludin|KATADATA

Sejumlah pelaku usaha minyak dan gas bumi (migas) nasional meminta pemerintah untuk melaksanakan tiga langkah stategis untuk mengejar target produksi minyak 1 juta barel per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada 2030.

Tiga strategi tersebut yakni mempertahankan produksi eksisting, mempercepat implementasi teknologi pengurasan minyak tahap lanjut atau Enhance Oil Recovery (EOR) pada sumur-sumur utama, dan akselerasi ekplorasi pada temuan lapangan minyak.

Presiden Direktur PT Petrogas Jatim Utama Cendana, Hadi Ismoyo, mengatakan bahwa tiga strategi itu merupakan langkah mendesak yang harus dilakukan pemerintah jika ingin mengejar target 1 juta barel minyak terangkut pada 2030.

Menurut Hadi, upaya mempertahankan torehan produksi minyak eksisting saat ini yang berada di kisaran 200 ribu barel per hari tak akan cukup untuk memenuhi target ambisius tersebut.

Lebih lanjut, kata Hadi, penerapan teknologi EOR di tanah air cenderung bergerak ke arah yang konservatif. Menurutnya, implementasi EOR urgen diterapkan pada lapangan minyak yang menjadi tulang punggung produksi nasional. Satu diantaranya adalah Blok Rokan di Riau.

"EOR ini mandek. Tahun lalu, November ada proposal dari KKKS malah ditolak katanya kurang ini-kurang itu, sampai sekarang kurang jelas. Padahal EOR tulang punggung untuk meningkatkan produksi," kata Hadi dalam Energy Corner CNBC pada Senin (13/2).

Upaya percepatan proses eksplorasi yang memakan waktu sekitar 10 hingga 15 tahun juga menjadi sorotan. Idealnya, kata Hadi, Indonesia membutuhkan angka 600 ribu barel per hari atau tiga kali capaian Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu untuk mengamankan tingkat konsumsi minyak domestik.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...