Eropa Habiskan Nyaris Rp 13 Kuadriliun untuk Tangani Krisis Energi

Happy Fajrian
13 Februari 2023, 13:07
krisis energi, eropa, uni eropa, inggris,
ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/aww/cf
Suasana stasiun King's Cross, London, Inggris, Senin (21/12/2020). Negara-negara Eropa, termasuk Inggris disebut telah menghabiskan nyaris Rp 13 kuadriliun untuk menangani krisis energi.

Negara-negara di Eropa diperkirakan telah menghabiskan hampir € 800 miliar, tepatnya € 792 miliar atau hampir Rp 13.000 triliun (Rp 13 kuadriliun), untuk menangani krisis energi yang mendera sejak akhir 2021.

Menurut laporan lembaga think tank Bruegel yang berbasis di Brussel, Belgia, jumlah tersebut mayoritas digunakan untuk melindungi rumah tangga dan perusahaan dari lonjakan tagihan energi seiring melambungnya harga minyak, gas alam, hingga batu bara.

Adapun negara-negara Uni Eropa (UE) hingga kini telah menggelontorkan € 681 miliar atau lebih dari Rp 11 kuadriliun untuk penanganan krisis energi, Inggris € 103 miliar atau sekitar Rp 1,7 kuadriliun, dan Norwegia € 8,1 miliar atau lebih dari Rp 103 triliun.

Total € 792 miliar lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya sebesar € 706 miliar pada laporan November. Bruegel menyampaikan peningkatan tersebut seiring dengan dampak dari Rusia yang menghentikan sebagian besar pengiriman gasnya ke Eropa pada 2022.

Jumlah tersebut juga lebih besar dari anggaran pemulihan Covid-19 kawasan negara-negara UE sebesar € 750 miliar dalam bentuk utang yang disetujui pada 2020. Dana tersebut kemudian didistribusikan ke 27 negara anggota UE untuk mengatasi pandemi.

Adapun dalam laporan tersebut Jerman menduduki puncak dengan total pengeluaran krisis energi mencapai hampir € 270 miliar atau sekitar Rp 4,4 kuadriliun. Inggris, Italia, dan Prancis menjadi yang tertinggi berikutnya dengan pengeluaran masing masing kurang dari € 150 miliar atau Rp 2,4 kuadriliun.

Berdasarkan belanja per kapita, Luksemburg, Denmark, dan Jerman, menjadi tiga negara dengan pengeluaran terbesar. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...