Harga Batu Bara RI Anjlok 9,22% Imbas Turunnya Permintaan dari Eropa

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Februari 2023, 13:15
harga batu bara
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/tom.
Foto udara aktivitas bongkar muat batu bara di kawasan pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Selasa (31/1/2023).

Harga Batu bara Acuan (HBA) Indonesia bulan Februari 2023 turun US$ 28,16 per ton atau 9,22% menjadi US$ 277,05 per ton dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar US$ 305,21 per ton.

Merosotnya HBA dipicu oleh turunnya permintaan dari Eropa yang mulai meninggalkan periode musim dingin. Selain itu, penurunan harga HBA juga dipengaruhi oleh harga gas Eropa yang kian melandai.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan turunnya HBA ini dipengaruhi oleh mulai menghangatnya cuaca di benua Eropa.

"Penurunan harga batu bara ini dikarenakan menurunnya permintaan dari Eropa yang disebabkan cuaca di Eropa sudah mulai menghangat," kata Agung dalam siaran pers pada Senin (13/2).

Agung menambahkan, kondisi pasokan gas Eropa turut menjadi penentu dalam fluktuasi besaran HBA. "Adanya pelemahan harga gas alam juga ikut berdampak pada harga batu bara ke angka US$ 277,05 per ton sehingga semua index yang mempengaruhi HBA turun," ujar Agung.

Pada awal tahun ini, gangguan distribusi batu bara di Australia menjadi salah satu pemicu naiknya HBA bulan Januari 2023 menjadi US$ 305,21 per ton, dimana Australia menjadi salah satu pemasok batu bara global.

Terdapat dua faktor turunan yang memengaruhi pergerakan HBA yaitu, supply dan demand. Pada faktor turunan supply dipengaruhi oleh cuaca, teknis tambang, kebijakan negara pemasok hingga teknis di supply chain seperti kereta, tongkang, maupun loading terminal.

Sementara untuk faktor turunan demand dipengaruhi oleh kebutuhan listrik yang turun berkorelasi dengan kondisi industri, kebijakan impor, dan kompetisi dengan komoditas energi lain, seperti LNG, nuklir, dan hidro.

HBA sendiri merupakan harga yang diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya, dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6322 kcal per kg GAR, total moisture 8%, total sulphur 0,8%, dan ash 15%.

Nantinya, harga ini akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batu bara atau spot selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait