Harga Batu Bara RI Anjlok 9,22% Imbas Turunnya Permintaan dari Eropa

Muhamad Fajar Riyandanu
13 Februari 2023, 13:15
harga batu bara
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/tom.
Foto udara aktivitas bongkar muat batu bara di kawasan pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Selasa (31/1/2023).

Harga Batu bara Acuan (HBA) Indonesia bulan Februari 2023 turun US$ 28,16 per ton atau 9,22% menjadi US$ 277,05 per ton dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar US$ 305,21 per ton.

Merosotnya HBA dipicu oleh turunnya permintaan dari Eropa yang mulai meninggalkan periode musim dingin. Selain itu, penurunan harga HBA juga dipengaruhi oleh harga gas Eropa yang kian melandai.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan turunnya HBA ini dipengaruhi oleh mulai menghangatnya cuaca di benua Eropa.

"Penurunan harga batu bara ini dikarenakan menurunnya permintaan dari Eropa yang disebabkan cuaca di Eropa sudah mulai menghangat," kata Agung dalam siaran pers pada Senin (13/2).

Agung menambahkan, kondisi pasokan gas Eropa turut menjadi penentu dalam fluktuasi besaran HBA. "Adanya pelemahan harga gas alam juga ikut berdampak pada harga batu bara ke angka US$ 277,05 per ton sehingga semua index yang mempengaruhi HBA turun," ujar Agung.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...