KAI Amankan 5 Juta Barang Tertinggal di Stasiun atau Kereta pada 2022

Nadya Zahira
14 Februari 2023, 07:42
kai, barang tertinggal, stasiun kereta
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.
Calon penumpang kereta api memasuki peron Stasiun Pasar Senen di Jakarta, Senin (19/12/2022).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengungkapkan telah mengamankan hampir lima juta barang tertinggal di stasiun maupun gerbong kereta pada 2022. Nilai barang tertinggal tersebut diperkirakan mencapai lebih dari Rp 4 miliar.

Jutaan barang hilang tersebut telah dimasukkan pada database sistem Lost and Found KAI. Sistem ini disediakan agar pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barangnya di dalam kereta api atau di stasiun dapat melaporkan kepada petugas ataupun dapat juga melalui Contact Center KAI 121.

Adapun jenis item barang-barang berharga yang diamankan seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet hingga paspor warga negara asing atau WNA. Sebagian besar barang tersebut sudah kembali ke pemilik, sedangkan sisanya masih KAI simpan.

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, petugas secara rutin mengingatkan kepada pelanggan agar menjaga barang bawaannya agar tidak tertinggal di stasiun atau di atas kereta api.

“Barang bawaan pelanggan merupakan tanggung jawab masing-masing, namun demikian untuk memberikan layanan maksimal petugas KAI akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," ujar Joni melalui keterangan resmi, dikutip Selasa (14/2).

Salah satu penumpang KAI menceritakan pengalamannya terkait layanan Lost and Found, yang diunggah pada kolom komentar di akun Instagram @kai121_ pada 9 Februari 2023 lalu. Ia menceritakan bahwa kopernya yang tertukar dengan pelanggan lain, namun akhirnya koper tersebut dapat kembali.

“Pernah koperku tertukar sama salah satu penumpang pas waktu naik kereta ke arah Jakarta, karena tertukarnya itu pas tengah malam dan aku lagi tidur jadi tidak sadar, pas sampai Stasiun Gambir langsung ngasih tau ke bagian keamanan dan dibantu sampai koperku kembali,” ujar akun @qurrotaayun.

Peningkatan layanan yang secara terus menerus KAI lakukan pun telah mendapat pengakuan dari sejumlah masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei nasional yang dilaksanakan oleh Saiful Mujani Research & Consulting pada Desember 2022.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...