AS, Brasil, Prancis, dan Kanada Minta Warganya Segera Tinggalkan Rusia

Happy Fajrian
15 Februari 2023, 10:10
rusia, amerika serikat, perang rusia ukraina,
ANTARA FOTO/REUTERS/WSJ/sa.
Orang-orang yang berjalan di taman dekat cerobong a pembangkit listrik pemanas t musim dingin hari berju di Moskow, Rusia, Sela(12/1/2021).

Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah meminta kepada warganya untuk segera meninggalkan Rusia karena perang di Ukraina dan untuk menghindari risiko penangkapan sewenang-wenang atau pelecehan dari otoritas penegak hukum di negara tersebut.

“Warga Amerika yang tinggal atau bepergian di Rusia harus segera meninggalkan Rusia segera. Tingkatkan kewaspadaan karena risiko penahanan yang tak beralasan. Jangan bepergian ke Rusia,” kata kedutaan AS di Moskow seperti dikutip Reuters, Rabu (15/2).

Selain AS, beberapa negara lainnya seperti Brasil, Prancis, dan Kanada dilaporkan juga mengeluarkan instruksi serupa kepada warganya yang kini berada atau akan bepergian ke Rusia.

Kedutaan AS menambahkan bahwa dinas keamanan Rusia telah menangkap warga AS atas tuduhan palsu, menyasar warga AS di Rusia untuk ditahan dan dilecehkan, menolak perlakuan yang adil dan transparan, serta menghukum warga AS melalui persidangan rahasia tanpa bukti yang kredibel.

“Otoritas Rusia secara sewenang-wenang menegakkan hukum lokal terhadap pekerja agama warga AS dan telah membuka penyelidikan kriminal yang dipertanyakan terhadap warga AS yang terlibat dalam kegiatan keagamaan,” kata kedutaan AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...