PSSI Siap Gelar Kongres Luar Biasa Hari ini untuk Pilih Ketua Umum

Happy Fajrian
16 Februari 2023, 06:57
pssi, kongres luar biasa
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/nym.
Ketua Komite Banding Pemilihan PSSI Gusti Randa (kedua kanan) didampingi Ketua Komite Pemilihan PSSI Amir Burhanuddin (kedua kiri) mengumumkan daftar calon tetap ketua umum, wakil ketua umum, dan komite eksekutif (exco) PSSI di Lobby GBK Arena, Jakarta, Senin (6/2/2023).

PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) hari ini, Kamis (16/2), untuk memilih ketua umum dan wakilnya, serta anggota Komite Eksekutif (Exco) periode 2023-2027. KLB dijadwalkan dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengatakan KLB akan diikuti oleh 86 pemilik suara atau voter. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan Kongres Biasa 2023 pada Januari yang diikuti oleh 87 voter. “Harapan saya semoga KLB berjalan lancar dan terkendali,” ujarnya di Jakarta Rabu (15/2).

Dia menjelaskan bahwa perbedaan jumlah voter lantaran salah satu voter, yakni klub Liga 2 PSMS tidak masuk dalam daftar, diduga lantaran masalah dualisme kepemilikan.

Sementara untuk pemilihan, ada lima calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum dan 55 calon anggota Exco 2023-2027 yang terlibat dalam persaingan memperebutkan kursi.

Kandidat Ketua Umum PSSI

Agenda tersebut melibatkan tiga pejabat negara yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali serta Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA LaNyalla Mattalitti.

Erick Thohir dan LaNyalla Mattalitti merupakan calon ketua umum PSSI 2023-2027 bersama dua nama lain yaitu Arif Wicaksono dan Doni Setiabudi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...