Bahlil: Progres Smelter Tembaga Freeport Sudah 50%, Rampung Tahun ini

Nadya Zahira
17 Februari 2023, 07:12
smelter tembaga freeport
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/aww.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023).

Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan bahwa konstruksi fisik pabrik pengolahan dan pemurnian atau smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia di Gresik, ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

Menteri Investasi atau Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, saat ini progres konstruksinya sudah mencapai sekitar 50% lebih. Menurutnya, pembangunan smelter ini nantinya akan menjadi salah satu smelter tembaga terbesar di dunia dengan investasi mencapai US$ 3 miliar atau sekira Rp 45 triliun.

Advertisement

“Untuk kapasitas penampung konsentrasinya sebesar 1,7 juta ton, itu di luar yang eksisting. Sekarang yang 800 ribu dinaikan volumenya menjadi 1,3 juta ton. Jadi menyangkut dengan pendanaannya, enggak ada masalah,“ ujarnya kepada awak media, saat ditemui di Kantor Kementerian Investasi, Jakarta, Kamis (16/2).

Kemudian, Bahlil mengungkapkan pembangunan smelter untuk tembaga milik Freeport Indonesia di Gresik pembiayaannya dikuasai oleh pihak asing karena minimnya pengusaha lokal yang memiliki smelter.

“Karena pertama memang perbankan kita yang belum terlalu bersungguh-sungguh membiayai pembangunan smelter. Smelter ini kan tidak bisa dibangun lewat APBN,“ ujar Bahlil.

Selain itu, alasan kedua karena pihak asing memiliki teknologi yang lebih baik dan maju sehingga mendukung secara penuh pembangunan smelter tersebut, "Artinya mereka bangun smelter di Indonesia, mengambil bahan baku di Indonesia, kolaborasi," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement