Ekspansi Bisnis, Pertamina Siapkan Rp 4,5 T Borong 14 Kapal Tanker

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Februari 2023, 12:36
pertamina, kapal tanker, migas, PIS
Katadata
PT Pertamina International Shipping (PIS), menyiapkan US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun untuk membeli 12-14 unit kapal tanker.

PT Pertamina International Shipping (PIS) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar US$ 300 juta atau sekira Rp 4,5 triliun untuk pengadaan 12 hingga 14 kapal tanker pada 2023.

Upaya memperbanyak armada merupakan langkah perusahaan untuk menangkap momentum kenaikan tarif logistik angkutan komoditas energi seperti minyak mentah hingga LNG.

Advertisement

Direktur Utama PT PIS, Yoki Firnandi, mengatakan tren penurunan harga minyak mentah tak berdampak signifikan pada penuruan permintaan jasa angkutan di sektor migas, khususnya pada rute pengiriman jalur Eropa.

Menurut Yoki, konflik yang berlangsung antara Rusia dan Ukraina telah mengubah pola distribusi migas global. Eropa yang sebelumnya bergantung kepada pasokan energi Rusia lewat jaringan pipa gas belakangan mulai mencari pasokan energi alternatif dari pasar Asia.

Lonjakan permintaan jasa logistik yang tidak diimbangi oleh ketersedian kapal-kapal eksisting menjadi faktor primer dari melonjaknya tarif angkut kapal tanker.

"Meski harga komoditas energi mulai terkoreksi, kami optimistis untuk bisnis angkutan migas akan tetap positif dalam beberapa tahun ke depan karena terjadi lonjakan permintaan angkutan," kata Yoki dalam Energy Corner CNBC pada Senin (20/2).

Meningkatkan permintaan jasa angkut dan pengiriman berimplikasi pada meroketnya harga kapal. Investasi pada pengadaan kapal baru terkerek hingga 30% dari hitungan pembuatan kapal baru pada 2019 karena didorong oleh naiknya harga besi baja.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement