JPMorgan Ramal Harga Minyak di Bawah US$100 Meski Permintaan Pulih

Happy Fajrian
20 Februari 2023, 14:39
harga minyak, jpmorgan
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi rig pengeboran migas lepas pantai.

Harga minyak dunia tahun ini diramal tidak akan setinggi pada 2022 seiring dengan potensi penambahan pasokan dari negara-negara pengekspor minyak dan sekutunya termasuk Rusia, atau dikenal dengan OPEC+, pada pertengahan tahun.

Analis bank investasi dunia JPMorgan menyebutkan OPEC+ tidak mungkin mempertahankan harga dasar di level US$ 80 per barel, dan karenanya kemungkinan tidak akan memangkas kuota produksinya tahun ini sebesar 2 juta barel per hari seperti yang diumumkan pada Oktober 2022.

“Kelompok tersebut malah dapat menambahkan produksi 400.000 barel per hari untuk dipasok (ke pasar),” kata analis JPMorgan dalam catatannya, seperti dikutip Reuters pada Senin (20/2).

Sebelumnya Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan bahwa kesepakatan OPEC+ saat ini untuk memangkas target produksi sebesar 2 juta barel per hari akan dikunci hingga akhir tahun 2023.

“Produksi Rusia diharapkan sepenuhnya pulih pada Juni dan tingkat harga yang lebih tinggi mencegah AS membeli kembali untuk menambah cadangan minyak strategisnya, keseimbangan penawaran-permintaan kemungkinan akan semakin ketat,” kata analis JPMorgan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...