Pertamina Bakal Ajukan Proposal Akuisisi Blok Masela pada April 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Februari 2023, 06:00
blok masela, pertamina
Katadata

PT Pertamina dikabarkan segara mengajukan proposal alih aset atau pengambilalihan 35% saham hak partisipasi pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela kepada Shell pada April tahun ini.

Sembari menyusun proposal tersebut, Pertamina kini masih masih melakukan uji tuntas atau due diligence dengan mempelajari data yang dikirim oleh Shell.

Advertisement

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan Pertamina masih melangsungkan kajian dan survei lapangan, khususnya pada studi penerapan teknologi penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilizaton and storage (CCUS).

"Soal peralihan itu, Pertamina baru akan menyampaikan proposalnya di bulan April," kata Dwi saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Selasa (21/2).

Pertamina telah diputuskan sebagai kandidat tunggal terkait pengambilalihan 35% saham hak partisipasi pengelolaan ladang gas Blok Masela milik Shell.

Meski sudah ditetapkan sebagai tokoh tunggal dalam proses akuisisi 35% saham milik Shell itu, Pertamina kemungkinan besar akan membentuk konsorsium yang terdiri dari dua atau tiga perusahaan migas.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement