First Drop LNG Tangguh Train 3 Terancam Mundur ke Semester I 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Februari 2023, 05:30
tangguh lng, lng, tangguh train
Arief Kamaludin|KATADATA
Operasi proyek Tangguh LNG Train 3 dilaporkan berpotensi mundur ke pertengahan tahun ini.

SKK Migas melaporkan perkembangan proyek Liquefied Natural Gas (LNG) Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat berpotensi rampung pada semester I tahun 2023. Termin ini mundur dari target yang ditetapkan sebelumnya, yakni pada Maret.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, mengatakan bahwa BP selaku operator Proyek Tangguh LNG Train 3 sedang melaksanakan uji coba operasi sebelum proyek tersebut bisa beroperasi penuh atau onsteram.

Advertisement

Dwi menambahkan, apabila Proyek LNG Tangguh Train 3 sulit berjalan pada Maret mendatang, SKK Migas mendesak BP agar bisa menjalankan proyek tersebut pada semester I tahun ini.

"Kami masih usahakan sesuai dengan yang di jadwal, paling tidak di semester satu," kata saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Selasa (21/2).

Ditemui di lokasi yang sama, Deputi Eksploitasi SKK Migas Wahju Wibowo menyampaikan ada penyesuaian untuk jadwal produksi pertama atau first drop LNG. Meski begitu, Wahju menegaskan belum ada proyeksi kemunduran operasi komersial atau commercial operation date (COD) proyek Tangguh Train 3.

“Bukan COD yang mundur, tapi first drop LNG-nya karena dalam proses fine tuning. Saat ini sudah menyala hanya nanti di-fine tuning untuk mendapatkan parameter yang bagus,” ujar Wahju.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement