ESDM Umumkan Pemenang Lelang, Pertamina Bakal Kelola Dua WK Migas

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Februari 2023, 17:19
migas, pertamina, wk migas, blok migas, lelang migas
Katadata / Trion Julianto
SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan peninjauan pompa angguk di lokasi Sumur Bor Lapangan Duri, Riau (30/12/2022).

Kementerian ESDM mengumumkan pemenang lelang tiga wilayah kerja (WK) migas Bunga, Peri Mahakam, dan Sangkar pada hari ini, Rabu (22/2). Total investasi dari komitmen pasti tiga tahun masa eksplorasi ketiga WK migas itu sebesar US$ 14,2 juta atau sekitar Rp 216 miliar, dan bonus tanda tangan US$ 200 ribu atau Rp 3,04 miliar.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, menyampaikan bahwa konsorsium PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dan Posco Internasional Corporation ditetapkan sebagai pemenang lelang WK Bunga yang berlokasi di laut lepas Jawa Timur.

Advertisement

Nilai investasi yang ditanamkan senilai US$ 4 juta dan US$ 100 ribu untuk total komitmen pasti tiga tahun pertama dan bonus tanda tangan. Tutuka mengatakan bahwa konsorsium tersebut akan terikat komitmen pasti tiga tahun pertama untuk kegiatan studi G&G, serta akuisisi dan reprosesing data seismik 3D 250 km2.

Adapun WK Bunga berdiri di atas lahan seluas 8.500 km2 dan memiliki estimasi sumber daya minyak dan gas sebesar 1,3 miliar barel setara minyak (BBOE).

Kementerian ESDM juga menetapkan konsorsium PT PHE dan Eni Indonesia Limited, sebagai pemenang lelang Wilayah Kerja (WK) migas Peri Mahakam yang berlokasi di lautan dan daratan Kalimantan Timur.

Nilai investasi dari komitmen pasti WK migas Peri Mahakam US$ 7,2 juta atau sekitar Rp 109,5 miliar dan bonus tanda tangan US$ 50.000 atau Rp 760,8 juta. Adapun WK Peri Mahakam berdiri di atas lahan seluas 7.414,43 km2 dan memiliki estimasi sumber daya minyak sebesar 130 miliar barel setara minyak.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement