Kisah Warga Sudah Panik Sebelum Depo Pertamina Plumpang Meledak

Happy Fajrian
7 Maret 2023, 14:07
depo pertamina plumpang, kebakaran, depo pertamina
Katadata/Muhamad Fajar Riyandanu
Permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

Warga yang tinggal di dekat komplek Depo Pertamina Plumpang mencium bau bensin yang menyengat beberapa waktu sebelum terjadi ledakan dan kebakaran hebat pada Jumat (3/3) malam.

“Ada bau bensin yang santer sebelum kejadian saat gue melintas,” kata Pandi Ahmad warga Koja, Jakarta Utara, seperti dikutip Antara.

Advertisement

Sementara itu di media sosial beredar video detik-detik awal munculnya api yang diikuti kepanikan warga yang berlarian menyelamatkan diri tanpa sempat menyelamatkan harta bendanya.

Dalam video yang diunggah di platform media sosial TikTok oleh akun bernama yudhokenzie2328_2 dinarasikan bahwa warga telah mencium bau bensin yang sangat menyengat. Tak lama kemudian dalam video tersebut, api terlihat di ujung jalan tak seberapa jauh dari lokasi perekam video.

“Ini udah mulai kosong tempat, bau bensinnya kuat banget di sini. Mata perih, bau bensinnya kuat banget. Udah pada ngungsi semua ke sana nih,” kata perekam video yang diunggah akun TikTok yudhokenzie2328_2. Adapun video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 12,3 juta kali.

Tak lama kemudian, dari ujung jalan terlihat kobaran api yang langsung membesar dengan cepat yang diikuti dengan warga yang berlari menyelamatkan diri dalam kepanikan. “Tuh..tuh..tuuh.. (menunjuk api di ujung jalan). Allahu Akbar! Lariii!! Larii!!”.

Kepolisian telah meminta keterangan 14 orang untuk menggali penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Mereka terdiri dari lima warga serta sembilan pegawai PT Pertamina (Persero).

“Jadi (ada) operator, security, teknisi, dan supervisor. Sisanya adalah masyarakat,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Senin (6/3) dikutip dari Antara.

Sebelumnya, informasi awal yang diterima Kapolri Jenderal pol. Listyo Sigit Prabowo, kebakaran dipicu gangguan teknis sehingga berujung adanya tekanan yang berlebihan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement