Investigasi Masih Jalan, Pencopotan Direksi Pertamina Tak Beralasan

Muhamad Fajar Riyandanu
8 Maret 2023, 19:30
pertamina, depo pertamina plumpang, kebakaran depo pertamina plumpang
Donang Wahyu|KATADATA
Aktivitas pengisian bahan bakar minyak ke truk tangki di Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta.

Kementerian BUMN mencopot Direktur Penunjang Bisnis Pertamina, Dedi Sunardi. Namun langkah tersebut dinilai hanya menjadi jalan untuk memuaskan dahaga publik yang menagih tanggungjawab Pertamina atas kebakaran depo BBM di Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam.

Direktur Eksekutif Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman, mengatakan bahwa langkah pemecatan Direktur Pengembang Bisnis Pertamina bisa ditafsirkan sebagai langkah politis ketimbang mengamalkan kebijakan korporasi.

"Artinya bukan pejabat yang terkait langsung yang dicopot dengan kebakaran Depo BBM Plumpang," kata Yusri kepada Katadata.co.id melalui pesan singkat pada Rabu (8/3).

Dia beranggapan, pihak yang paling beranggungjawab terhadap kebakaran terminal BBM adalah pejabat Pertamina yang menaungi operasi distribusi BBM, dalam hal ini Pertamina Parta Niaga.

"Jika tindakan hukuman yang diambil Kementerian BUMN terkait kebakaran Depo TBBM Plumpang, lebih tepat adalah Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution," ujarnya lagi.

Yusri menilai tindakan pencopotan pejabat tersebut merupakan tindakan yang terburu-buru karena hasil investigasi penyebab kebakaran masih belum rampung. "Investigasi penyebab kebakaran juga belum ada, apa dasarnya Direktur Pengembangan Bisnis dicopot," kata dia.

Selain pejabat tinggi Pertamina Patra Niaga, sejumlah posisi penting seperti Kepala Depo Pertamina Plumpang dan Eksekutif General Manager Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) III juga dinilai wajib bertanggungjawab secara langsung karena sebagai pejabat yang paling dekat dengan tugas operasional terminal BBM di Jabodetabek.

Orang yang paling betanggung jawab itu kepala depo karena dia yang punya proyek dan punya tanggungjawab sehari-hari di sana. Saya gak tahu kenapa dia gak ikut dicopot," kata Peneliti Alpha Research Database, Ferdy Hasiman dihubungi secara terpisah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...