PTBA Sambut Perubahan Formula Harga Batu Bara Acuan: Lebih Realistis

Muhamad Fajar Riyandanu
9 Maret 2023, 15:33
harga batu bara, ptba, bukit asam
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (29/11/2022).

PT Bukit Asam (PTBA) menilai positif langkah pemerintah yang mengubah rumusan formula pembentukan harga batu bara acuan atau HBA. Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail, mengatakan bahwa formula HBA baru dinilai mampu mengurangi selisih antara beban kewajiban royalti dan harga jual batu bara.

"Menurut kami, HBA kali ini lebih realistis dibandingkan dengan sebelumnya," kata Arsal saat ditemui wartawan di The St Regis Jakarta pada Kamis (9/3).

Advertisement

Menurut Arsal, rumusan formula hitung-hitungan HBA terdahulu yang lebih condong mengikuti harga batu bara kalori tinggi hasil produksi luar negeri tidak relevan dengan kondisi pasar batu bara Indonesia yang mayoritas memproduksi batu bara kalori rendah.

Adapun HBA terbentuk dari rata-rata empat indeks seperti Global Coal Newcastle Index (GCNC), Newcastle Export Index (NEX), Indeks Platts dan Indonesia Coal Index (ICI).

Indeks GCNC, NEX dan Platts merupakan patokan harga batu bara di pasar Australia yang mayoritas mengakomodir transaksi batu bara kalori tinggi. Sementara patokan indeks batu bara Indonesia hanya mengacu pada ICI.

"Ini tidak mencerminkan antara realisasi di lapangan yang punya kita. Produksi batu bara kalori tinggi dalam negeri tidak banyak," ujar Arsal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement