Momentum Harga Gas Tinggi, Luhut Minta Akuisisi Blok Masela Dikebut

Muhamad Fajar Riyandanu
14 Maret 2023, 18:06
blok masela, pertamina, luhut, shell
Humas Kemenko Marves
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar Pertamina mempercepat proses akuisisi 35% saham hak partisipasi Blok Masela dari Shell.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendorong agar Pertamina mempercepat proses akusisi 35% saham hak partisipasi Proyek Abadi LNG Blok Masela dari Shell.

Penekanan ini dilontarkan seiring momentum harga gas bumi yang relatif menanjak. "Iya kita berharap segera berjalan, karena gas kan harganya bagus," kata Luhut usai acara Indonesia Leading Economic Forum 2023 di The St. Regis Hotel Jakarta pada Selasa (14/3).

Advertisement

Dorongan akuisisi proyek ladang gas Masela juga diutarakan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dia meminta Pertamina untuk segera menyelesaikan alih aset 35% saham pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela dari Shell. Manuver Pertamina dinilai bisa mempercepat pengangkutan gas di Blok Masela yang tak kunjung terealisasi.

"Saya sangat mendukung karena blok gas itu sudah tidak produksi maksimal selama puluhan tahun," kata Erick saat ditemui wartawan selepas acara Economic Outlook 2023 CNBC di The St. Regis Hotel Jakarta dikutip Rabu (1/3).

Erick juga menyampaikan bahwa Pertamina punya modal kapaital yang kuat untuk mengakuisisi ladang gas di kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku itu. "Percuma negara memberi kesempatan orang untuk berinvestasi tapi mereka tidak melakukan investasinya," ujar Erick.

Sementara itu Pertamina dikabarkan akan mengajukan proposal alih aset atau pengambilalihan 35% saham hak partisipasi pengelolaan Proyek Abadi LNG Blok Masela kepada Shell pada April tahun ini.

Sembari menyusun proposal tersebut, Pertamina kini masih masih melakukan uji tuntas atau due diligence dengan mempelajari data yang dikirim oleh Shell.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement