Enggan Relokasi Total Depo BBM Plumpang, Ini Alasan Pertamina

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Maret 2023, 16:05
Depo Pertamina Plumpang, plumpang, pertamina, depo bbm
Donang Wahyu|KATADATA
Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

PT Pertamina menyampaikan sejumlah pertimbangan untuk tidak memindahkan atau merelokasi Depo BBM Plumpang di Jakarta Utara sepenuhnya setelah terjadi insiden kebakaran pada awal bulan ini.

Dalil yang diajukan oleh perseroan berangkat dari fungsi stategis Depo BBM Plumpang yang juga menjadi terminal bagi penyimpanan liquefied petroleum gas (LPG) hingga pelumas.

Advertisement

Lebih lanjut, besaran BBM yang ditampung di Depo Plumpang sanggup menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia. Depo Plumpang memiliki total kapasitas tangki penyimpanan BBM sebesar 324.535 kiloliter (KL).

Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, mengatakan bahwa perusahaan bakal mendirikan area penyangga atau buffer zone sebagai antisipasi kecelakaan berulang. Buffer zone itu akan dibangun dengan merelokasi warga yang bermukim di sekitar area tembok pembatas Depo BBM di Plumpang.

Rencananya, pembangunan buffer zone akan ditarget selesai paling lambat tiga bulan. "Kami di internal maupun dengan pemangku kebijakan mengharapkan sesegera mungkin. Tiga bulan maksimum, kami inginnya seperti itu," kata Nicke dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR pada Selasa (14/3).

Selain merelokasi warga, Pertamina juga secara bertahap akan memindahkan ritel BBM di Plumpang ke Terminal BBM baru di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara di lahan milik PT Pelindo.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement