Saudi Aramco Cetak Laba Rp 2.478 T pada 2022, Setara APBN Indonesia

Happy Fajrian
13 Maret 2023, 14:57
saudi aramco, laba bersih, apbn
Katadata
Saudi Aramco berhasil mencetak laba bersih sebesar US$ 161,1 miliar pada 2022 atau setara Rp 2.478 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.382 per dolar AS.

Raksasa minyak Arab Saudi, Saudi Aramco, melaporkan rekor raihan laba bersih sebesar US$ 161,1 miliar atau sekitar Rp 2.478 triliun atau Rp 2,49 kuadriliun pada 2022, naik 46% dibandingkan tahun sebelumnya. Rekor laba didorong oleh harga energi yang tinggi serta peningkatan volume penjualan.

Capaian tersebut sedikit lebih besar dari pendapatan negara Indonesia dalam APBN 2023 yang ditargetkan sebesar Rp 2.463 triliun. Jika dibandingkan dengan raksasa migas dunia lainnya seperti Chevron, ExxonMobil, BP, Shell, hingga Equinor, laba Saudi Aramco lebih besar 2-6 kali lipat.

Padahal, laba yang dicetak raksasa migas asal Amerika Serikat (AS), Inggris, hingga Norwegia itu merupakan rekor tertingginya dalam sekitar 100 tahun terakhir, seiring dengan tingginya harga minyak dan pulihnya permintaan energi pascapandemi.

Harga minyak berayun liar pada tahun 2022, naik di tengah kekhawatiran geopolitik di tengah perang di Ukraina, kemudian meluncur turun karena melemahnya permintaan dari importir utama Cina dan kekhawatiran kontraksi ekonomi global.

“Mengingat bahwa kami mengantisipasi minyak dan gas akan tetap penting di masa mendatang, risiko kurangnya investasi di industri kami adalah nyata – termasuk berkontribusi terhadap harga energi yang lebih tinggi,” kata CEO Aramco Amin Nasser dikutip Reuters, Senin (13/3).

“Untuk mengatasi tantangan tersebut, perusahaan berinvestasi dalam teknologi rendah karbon baru dengan potensi untuk mencapai pengurangan emisi tambahan,” kata Nasser menambahkan.

Dalam pernyataannya Saudi Aramco menyebutkan bahwa rencana untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak mentah menjadi 13 juta barel per hari (bph) pada tahun 2027 sudah sesuai rencana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...