Rusia Anggap Segala Upaya Penangkapan Putin Sebagai Deklarasi Perang

Happy Fajrian
23 Maret 2023, 15:51
rusia, vladimir putin, perang, perang rusia ukraina, dmitry medvedev
ANTARA FOTO/REUTERS/Sputnik/Mikhail Metzel/Pool /aww/cf
Presiden Rusia Vladimir Putin menyaksikan parade militer pada Hari Kemenangan, yang memperingati 77 tahun kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia ke-2, di Red Square di pusat Moskow, Rusia, Senin (9/5/2022).

Kepala Dewan Keamanan Federasi Rusia Dmitry Medvedev mengatakan bahwa segala upaya penangkapan terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin akan dianggap sebagai pernyataan perang.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat penangkapan terhadap Putin pada Jumat (17/3) atas kejahatan perang di Ukraina dan mendeportasi secara ilegal anak-anak Ukraina ke Rusia. ICC menyebut ada cukup alasan untuk menjatuhkan tanggung jawab pidana kepada Putin secara individu.

Advertisement

Medvedev, yang menjabat sebagai presiden pada 2008-2012, mengatakan bahwa ICC, yang tidak diakui oleh negara-negara termasuk Rusia, Cina, dan Amerika Serikat (AS) adalah nonentitas hukum yang tidak pernah melakukan sesuatu yang signifikan.

Bagaimanapun, kata Medvedev, setiap upaya untuk menahan Putin akan menjadi deklarasi perang. “Mari kita bayangkan, jelas ini situasi yang tidak akan pernah terwujud, namun mari kita bayangkan kalau itu terwujud, kepala negara nuklir pergi ke suatu wilayah, sebutlah Jerman, dan ditangkap,” ujarnya seperti dikutip Reuters, Kamis (23/3).

“Apa yang akan terjadi? Itu akan menjadi deklarasi perang terhadap Federasi Rusia. Dan dalam hal ini, semua aset kami, semua misil kami dan sebagainya, akan terbang ke Bundestag, ke kantor Kanselir Jerman,” ancamnya.

Kremlin mengatakan surat perintah penangkapan ICC adalah keputusan yang sangat partisan, tetapi tidak berarti sehubungan dengan Rusia. Pejabat Rusia menyangkal kejahatan perang di Ukraina dan mengatakan Barat telah mengabaikan apa yang dikatakannya sebagai kejahatan perang Ukraina.

Invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari telah memicu konflik Eropa paling mematikan sejak Perang Dunia Kedua dan konfrontasi terbesar antara Moskow dan Barat sejak Krisis Misil Kuba 1962. Hubungan dengan Barat, kata Medvedev, mungkin berada pada titik terburuk yang pernah ada.

Risiko Perang Nuklir

Sebagai presiden dari 2008 hingga 2012, Medvedev menempatkan dirinya sebagai seorang reformis pro-Barat. Namun, sejak perang, dia telah berubah menjadi salah satu pejabat Rusia yang paling hawkish di depan umum yang tak ragu untuk menghina para pemimpin Barat dan menyampaikan serangkaian peringatan nuklir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement