Menteri ESDM Putuskan Tarif Listrik Periode April-Juni 2023 Tidak Naik

Muhamad Fajar Riyandanu
24 Maret 2023, 14:55
tarif listrik
ANTARA FOTO/Jojon
Kementerian ESDM memutuskan tarif listrik untuk periode triwulan II 2023 atau April hingga Juni tetap.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan tarif listrik PLN untuk periode triwulan II 2023 tidak mengalami kenaikan. Keputusan ini diperoleh usai jajaran Kementerian ESDM merampungkan hitung-hitungan penyesuaian tarif listrik untuk periode bulan April hingga Juni 2023.

Penyesuaian tarif listrik rutin dilaksanakan tiap tiga bulan sekali. “Iya, tarif listrik tetap,” kata Arifin saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (24/3).

Advertisement

Sejumlah pakar ekonomi menilai pemerintah tak perlu menaikan tarif listrik PLN untuk periode triwulan II 2023. Pernyataan itu merujuk kepada kondisi 4 parameter pembentuk tarif yang cenderung mengalami penurunan dibandingkan periode triwulan I.

Pakar Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi, mengatakan bahwa empat parameter yang menentukan besaran tarif listrik seperti nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar AS, tingkat inflasi, harga batu bara acuan (HBA), dan harga minyak mentah Indonesia atau ICP tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Sehingga, kata Fahmy, pemerintah tak punya alasan untuk menaikan tarif listrik sejak April hingga Juni 2023. "Saya pikir pemerintah tidak akan menaikan tarif listrik karena 4 variabel tersebut besarannya tak jauh berbeda pada periode saat ini," kata Fahmy saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Rabu (15/3).

Lebih lanjut, kata Fahmy, harga bahan bakar pembangkit listrik berupa batu bara dan BBM cenderung mengalami penurunan signifkan dibandingkan periode triwulan I. Harga batu bara di Pasar ICE Newcastle hari ini berada di level US$ 175 per ton atau merosot hingga 102% dari posisi harga tiga bulan lalu sebesar US$ 355 per ton.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement