Kapal Tanker Pertamina Terbakar di Lombok, Angkut 5.900 KL Pertalite

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Maret 2023, 11:45
kapal tanker pertamina terbakar, bbm bersubsidi, pertalite
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/nz
Kapal tanker MT Christian terbakar di perairan Pantai Ampenan, Mataram, NTB, Minggu (26/3/2023). Kapal tanker yang mengangkut BBM tersebut terbakar di tengah laut tidak jauh dari Terminal BBM Ampenan sekitar pukul 15.00 Wita dan mengakibatkan tiga anak buah kapal meninggal dunia dan sisanya berhasil di evakuasi.

PT Pertamina (Persero) melaporkan adanya insiden kebarakan yang menimpa kapal tanker MT Kristin di wilayah Pantai Ampenan, perairan barat Pulau Lombok pada Minggu (26/3), sore.

Kapal tanker yang mulai terbakar sekira pukul 14.50 WITA itu dilaporkan membawa muatan 5.900 kiloliter (KL) BBM bersubsidi jenis Pertalite. Awal mula api diketahui berasal dari forecastle atau mooring deck sisi depan saat kapal hendak melakukan labuh jangkar di perairan Ampenan.

Advertisement

PJs Area Manager Relation, Communication and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatim Balinus, Taufik Kurniawan, menyampaikan bahwa MT Kristrin berencana untuk menyetorkan muatan Pertalite tersebut ke terminal BBM Ampenan dan Sanggaran, Bali masing-masing sebanyak 2.700 Kl dan 3.200 KL.

MT Kristin merupakan kapal pengangkut minyak milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang tengah disewa oleh PT Pertamina International Shipping (PIS). "MT Kristin tersebut adalah kapal yang di sewa oleh PIS dengan membawa muatan sebesar 5.900 KL Pertalite," kata Taufik dalam keterangan video, dikutip Senin (27/3).

Guna mengamankan pasokan BBM bersubsidi Pertalite di wilayah Pulau Lombok dan Bali, Pertamina segera menerjunkan MT Olivia dengan muatan 2.500 KL Pertalite. MT Olivia yang sedianya sandar ke terminal BBM Bima melakukan manuver untuk memenuhi suplai Pertalite di Depo Ampenan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement