Kucurkan Dana Rp 3,7 T, Freeport Tambah Saham di Smelter PT Smelting

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Maret 2023, 18:37
freeport, smelter tembaga, pt smelting
Wahyu Dwi Jayanti | KATADATA
Suasana pabrik pemurni tembaga PT Smelting, Gresik, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019)

PT Freeport Indonesia (PTFI) bakal menambah porsi sahamnya pada pabrik pengolahan atau smelter tembaga milik PT Smelting yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur, dari 39,5% menjadi 65%.

Penambahan kepemilikan aset itu tak lepas dari peran PT Freeport yang menjadi investor tunggal dalam proyek ekspansi atau penambahan kapasitas smelter tersebut.

Advertisement

Lewat pendanaan US$ 250 juta atau sekira Rp 3,7 triliun yang sepenuhnya berasal dari PT Freeport, smelter milik PT Smelting diproyeksikan sanggup menambah kapasitas peleburan konsentrat tembaga hingga 300 ribu ton menjadi 1,3 juta ton per tahun.

"Sebagai kompensasinya, saham Freeport di PT Smelting yang saat ini 39,5% akan meningkat menjadi 65% setelah ekspansi selesai," kata Direktur Utama Freeport Indonesia, Tony Wenas, dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Senin (27/3).

Setelah proses divestasi tersebut, PT Freeport dan PT Smelting telah menyepakati skema bisnis anyar dengan sebutan mekanisme 'tolling' yang akan secara penuh terjadi pada awal 2024.

Mekanisme tersebut bakal memberikan keluasan bagi PT Freeport untuk melaksanakan seluruh proses pemasaran hingga kuasa penuh terhadap kontrak produk sampingan seperti lumpur anoda, asam sulfat, terak tembaga dan tembaga telurida.

Sementara itu, kegiatan perdagangan tembaga katoda dilakukan oleh PT Smelting maksimum hingga 2031. Lebih lanjut, kata Tony, mekanisme tolling sebenarnya sudah dimulai sejak Januari 2023 sebagai bagian daripada masa transisi.

Dalam periode transisi tersebut, proses perdagangan dan kontrak penjualan secara menyelueuh dilakukan oleh PT Smelting atas nama PT Freeport. "Ini adalah progres divestasi atau ekspansi PT Smelting dari kacamata Freeport," ujar Tony.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement