Optimalisasi 118 Sumur, Produksi Migas Pertamina Hulu Energi Naik 6%

Muhamad Fajar Riyandanu
30 Maret 2023, 11:18
produksi migas, pertamina hulu energi, pertamina,
PHE
Pertamina Hulu Energi berhasil meningkatkan produksi minyak sebesar 2% dan gas sebesar 6% berkat optimalisasi ratusan sumur migas.

PT Pertamina Hulu Energi atau PHE, mencatat hasil produksi minyak dan gas bumi (migas) sejak Januari hingga Februari 2023 berada di angka 576.000 barel minyak per bari (MBOPD) minyak dan 2.785 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) untuk gas. Torehan ini meningkat sebesar 2% untuk minyak dan 6% untuk gas.

Capaian tersebut merupakan hasil dari kinerja operasional dari 118 pengeboran sumur pengembangan, serta 103 kegiatan work over dan 4.839 well services. Selain itu, PHE juga telah menyelesaikan 2 sumur eksplorasi pada awal 2023.

Advertisement

Direktur Utama PHE, Wiko Migantoro, mengatakan bahwa perusahan melaksanakan tiga stategi untuk mendongkrak produksi migas secara konsisten, yakni pengelolaan aset wilayah kerja (WK) eksisting, di mana kontribusi eksplorasi dibutuhkan dalam mempertahankan dan meningkatkan produksi migas.

PHE juga mencari potensi eksplorasi baru dengan mengungkap cadangan aktual yang dapat mendukung pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang. Selain itu, perusahaan juga memberikan nilai tambah pada eksekusi kegiatan eksplorasi melalui berbagi risiko, biaya dan penerapan teknologi.

Wiko mengatakan bahwa PHE secara konsisten melakukan kegiatan pengeboran sumur pengembangan dan pengeboran sumur eksplorasi untuk mendukung peningkatan produksi jangka panjang.

"PHE juga menjalankan program enhanced oil recovery dan waterflood yang dapat menahan laju penurunan produksi minyak alamiah,” kata Wiko dalam siaran pers, dikutip Kamis (30/3).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement