Sentimen Krisis Bank AS Mereda, Harga Minyak Bangkit Mendekati US$ 80

Happy Fajrian
30 Maret 2023, 15:59
harga minyak
medcoenergi
Blok Migas Rimau.

Harga minyak bangkit kembali mendekati US$ 80 per barel pekan ini seiring meredanya kekhawatiran krisis perbankan. Dalam dua minggu terakhir harga minyak tercatat merosot hingga 10%, salah satunya dipicu kegagalan dua bank di Amerika Serikat.

Harga Brent sempat menyentuh US$ 79,57 per barel pada perdagangan Rabu (29/3) meski hari ini, Kamis (30/1) turun ke level US$ 78,50 per barel. Sebelumnya Brent sempat menyentuh US$ 72,98 pada Jumat (24/3).

Sementara minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) sempat menyentuh US$ 74,16 per barel, dan kini berada pada level US$ 73,31 per barel. WTI sempat terpuruk ke level US$ 66,93 pada perdagangan Jumat (17/3).

Turunnya harga minyak hari ini karena kejutan penurunan stok minyak mentah AS mengimbangi pemotongan yang lebih kecil dari pasokan Rusia. Investor juga mengamati perkembangan ekspor minyak Kurdistan Irak.

Produksi di beberapa ladang minyak di wilayah semi otonom Kurdistan di Irak Utara berkurang menyusul penghentian pengiriman ekspor minyak melalui jalur pipa utara.

Sementara itu, berdasarkan laporan Administrasi Informasi Energi AS, penurunan stok minyak mentah AS yang tak terduga membatasi penurunan harga, dengan impor meluncur ke level terendah dalam dua tahun.

Persediaan minyak mentah turun 7,5 juta barel menjadi 473,7 juta barel dalam sepekan hingga 24 Maret, sementara ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters adalah kenaikan 100.000 barel. Namun, stok bensin turun 2,9 juta barel menjadi 226,7 juta barel, dibandingkan ekspektasi analis untuk penurunan 1,6 juta barel.

“Penguatan permintaan musiman pada akhir kuartal II diperkirakan akan mendorong harga minyak lebih tinggi dari level saat ini,” kata analis dari National Australia Bank seperti dikutip Reuters. Meski melemah, analis menilai harga minyak masih berada dalam kisaran perdagangan yang terlihat sejak awal tahun 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...