Alih Kelola Belum Rampung, Proyek Migas Laut Dalam IDD Jalan Awal 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Maret 2023, 16:27
proyek migas laut dalam, chevron, eni, skk migas
www.skkmigas.go.id

SKK Migas mengabarkan bahwa proyek Indonesia Deepwater Development atau IDD fase II yang berlokasi di Cekungan Kutai, Kalimantan Timur bakal berjalan paling lambat pada awal 2024. Target ini mundur dari rencana pada awal 2023.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto, menjelaskan proses peralihan saham IDD antara perusahaan migas asal Italia, ENI dengan Chevron masih berlangsung. ENI bakal menjadi operator proyek dengan kepemilikan saham mayoritas sebesar 82%.

"Peralihan itu membutuhkan waktu untuk analisa legal dan sebagainya, tapi sejauh ini dari laporan ENI dan Chevron, proses berjalan dengan baik," kata Dwi saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (31/3).

Kendati masih melakukan beragam analisa, Dwi menjamin pergantian operator blok tersebut dapat segera selesai dalam waktu dekat sehingga bisa segera dilakukan revisi rencana pengembangan maksimal pada kuartal IV tahun ini. "Urusan pergantian targetnya selesai pertengahan tahun ini, sehingga tahun depan sudah bisa efektif," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, mengatakan bahwa pemerintah dan ENI sudah sepakat untuk menjalankan proyek IDD paling lambat pada awal tahun 2023.

"ENI akan menjalankan mudah-mudahan akhir tahun ini dan awal tahun depan bisa menjalankan IDD," kata Tutuka dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi VII pada Selasa (13/12/2022).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...