Kerek Bauran EBT, PLN Teken Jual Beli Listrik Minihidro di Flores

Muhamad Fajar Riyandanu
4 April 2023, 17:02
listrik, pembangkit listrik tenaga mikrohidro, pln, ebt, energi terbarukan
PLN
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga air.

PT PLN menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik atau PJBTL dengan PT Gistec Prima Energindo untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Wae Lega di Kupang.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Fintje Lumembang mengatakan, PJBTL ini dapat meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) sekaligus menurunkan biaya pokok produksi (BPP) listrik di Flores.

Dengan mengoperasikan pembangkit bertenaga minihidro berkapasitas 2 x 0,875 megawatt (MW) tersebut PLN berpotensi menghemat biaya pokok produksi (BPP) listrik hingga Rp 38,7 miliar per tahun. Pembangkit energi terbarukan tersebut setara dengan 2,12% kelistrikan Flores.

Kendati telah menyepakati perjanjian jual beli listrik, proyek pembangkit listrik minihidro itu masih membutuh proses pembangunan sampai sepenuhnya terintegrasi dengan sistem kelistrikan PLN.

PLTM Wae Lega yang berlokasi di Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, NTT, merupakan proyek pembangkit yang memanfaatkan potensi air Sungai Wae Lega dan ditargetkan selesai pada 2025.

“Percepatan suplai EBT ini mendukung target net zero emission di tahun 2060, selaras dengan kebijakan pemerintah dan untuk menekan BPP tenaga listrik sehingga penyediaan listrik jadi lebih efisien dan berkelanjutan,” kata Fintje dalam siaran pers pada Selasa (4/4).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...