Kerek Penjualan, Tesla Pangkas Lagi Harga Mobilnya Hingga Rp 75 Juta

Happy Fajrian
9 April 2023, 11:47
tesla, mobil listrik, harga mobil listrik
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Pengunjung mengamati mobil listrik Tesla Model X yang dipamerkan dalam IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (18/4/2021).

Tesla kembali memangkas harga seluruh jajaran model mobil listriknya di Amerika Serikat (AS) sebagai upaya untuk mendorong penjualan. Potongan harga terbesar berdasarkan situs resminya adalah US$ 5.000 atau sekitar Rp 74,7 juta per unit untuk sedan Model S dan SUV Model X.

Sedangkan untuk SUV kecil Model Y harganya diturunkan US$ 2.000 per unit atau Rp 29,9 juta, dan sedan Model 3 US$ 1.000 atau sekitar Rp 14,9 juta. Ini merupakan pemangkasan harga yang dilakukan Tesla untuk ketiga kalinya sepanjang tahun tahun ini.

Langkah pemberian diskon atau potongan harga ini menyusul penjualan Tesla pada kuartal I 2023 yang tumbuh hingga 36% menjadi 422.875 unit dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 310.000 unit.

Namun pertumbuhan tersebut masih di bawah estimasi analis yang memperkirakan penjualan dapat mencapai 432.000 unit setelah Tesla memberikan banyak potongan harga.

CEO Tesla Elon Musk menjelaskan langkah pemberian potongan harga ini karena permintaan masih dibatasi keterjangkauan. “Ada banyak permintaan untuk produk kami, tapi jika harganya masih lebih tinggi dari uang yang dimiliki orang, permintaan itu tidak relevan,” ujar Musk seperti dikutip Nikkei Asia Minggu (9/4).

Analis e-Mobilitas Guidehouse Research Sam Abuelsamid mengatakan pemotongan harga tersebut merupakan tanda bahwa permintaan mobil listrik Tesla melambat.

Tesla perlu menjual lebih banyak kendaraan agar pabriknya tetap beroperasi dengan kapasitas penuh untuk melindungi margin keuntungan yang tinggi. “Overhead pabrik yang kurang dimanfaatkan menghabiskan margin dengan sangat cepat,” katanya.

Tesla telah menambahkan pabrik besar di dekat Austin ke jejak pabriknya di AS, selain pabrik aslinya di Fremont, California. Tesla juga telah membangun pabrik baru di Shanghai dan dekat Berlin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...