Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Anjlok Usai Kisruh Piala Dunia U-20

Happy Fajrian
10 April 2023, 06:36
ganjar pranowo, capres, pemilu 2024, piala dunia u-20
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) melihat-lihat sayuran yang dikembangkan Lumbung Sayur Pondok Makmur di Desa Pondok Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin (31/10/2022).

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pemilu 2024 turun signifikan usai kisruh batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Ganjar menyatakan menolak hadirnya tim nasional (timnas) Israel di Indonesia.

Pada simulasi daftar 19 nama capres, elektabilitas Ganjar Pranowo turun menjadi 19,8% dibandingkan survei sebelumnya pada Februari sebesar 27,1%. Sementara Prabowo Subianto sedikit menguat menjadi 19,3% dari sebelumnya 17,9%. Sedangkan Anies Baswedan menguat dari 18,4% dari sebelumnya 17,2%.

Advertisement

“Ada kemungkinan pernyataan Ganjar Pranowo terkait timnas Israel sehingga terjadi pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia menjadi penjelas di balik merosotnya basis dukungan Ganjar,” dikutip dari hasil survei nasional LSI 'Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegak Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi di BTS, dan Peta Politik Terkini', dikutip Senin (10/4).

“Nama Ganjar Pranowo juga disebut cukup banyak sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas keputusan FIFA membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20,” tulis hasil survei LSI.

Sementara itu pada simulasi daftar 3 nama capres, dukungan terhadap Ganjar juga turun signifikan menjadi 26,9% dari survei Februari sebesar 35%. Sedangkan dukungan terhadap Prabowo meningkat menjadi 30,3% dari sebelumnya 26,7%, dan dukungan terhadap Anies naik tipis menjadi 25,3% dari 24%.

Sebagai informasi, LSI melakukan survei pada periode 31 Maret hingga 4 April 2023. Terdapat sebanyak 1.299 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD).

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Sementara itu, margin of error diperkirakan lebih kurang 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25% dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement