Soal Piala Dunia U-20, Warga Tak Persoalkan Kehadiran Timnas Israel

Happy Fajrian
10 April 2023, 07:29
piala dunia u-20, israel, piala dunia u20,
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.
Pemain Timnas U-20 mengikuti sesi latihan terakhir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (1/4/2023). Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong resmi membubarkan Timnas U-20 setelah skuad berjuluk Garuda Nusantara itu batal bermain pada Piala Dunia U-20 dengan status sebagai tuan rumah.

FIFA telah membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal ini diduga lantaran adanya penolakan dari sejumlah pihak terhadap kehadiran tim nasional (timnas) sepakbola Israel sebagai bentuk dukungan terhadap konflik di Palestina.

Namun hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa sebagian besar dari kelompok masyarakat yang mengetahui bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, tidak mempersoalkan kehadiran timnas Israel.

Advertisement

Hasil survei nasional LSI 'Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Penegak Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi di BTS, dan Peta Politik Terkini' menunjukkan 68% responden mengetahui Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Dari yang tahu Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, mayoritas 76.1% juga mengetahui bahwa timnas Israel merupakan peserta pada Piala Dunia U-20 tersebut. “Umumnya, 71.3%, dari kelompok warga yang tahu tersebut tidak mempersoalkan kedatangan tim Israel ke Indonesia,” dikutip dari hasil survei LSI pada Senin (10/4).

Alasan sebagian besar responden yang tidak mempermasalahkan kedatangan timnas Israel menyatakan bahwa urusan sepakbola tidak ada kaitannya dengan politik, yakni sebanyak 52,3%. Beberapa alasan lainnya termasuk untuk kemajuan sepakbola nasional (8,6%) dan momen penting Indonesia sebagai tuan rumah (7,6%).

Alasan lainnya yaitu tidak mencerminkan posisi Indonesia dengan Israel (2,2%), tidak ingin Piala Dunia U-20 batal diselenggarakan di Indonesia (2,0%), Indonesia terancam terkena sanksi dari FIFA (1,8%).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement