Lelang Tiga WK Migas, ESDM Siapkan Ragam Insentif Untuk Tarik Investor

Muhamad Fajar Riyandanu
10 April 2023, 13:29
lelang wk migas, esdm,
Medco Energi
Pemerintah menawarkan tiga WK migas pada lelang tahap I 2023 yakni WK Akia, WK Beluga, dan WK Bengara I.

Kementerian ESDM mengumumkan penawaran atau lelang kepada tiga wilayah kerja (WK) migas pada periode tahap I tahun 2023. Tiga WK migas tersebut yakni WK Akia, WK Beluga, dan WK Bengara I.

Direktur Jenderal Migas, Tutuka Ariadji, menjabarkan WK Akia berlokasi di lepas pantai (offshore) Kalimantan Utara dengan perkiraan sumber daya sebesar 2 miliar barel (BBO) minyak dan perkiraan sumber daya 9 triliun kaki kubis (TCF) gas.

Blok migas yang memiliki luas 8.394,05 kilometer (km) persegi itu ditawarkan secara langsung melalui kontrak cost recovery dengan pembagian atau split 60:40 untuk minyak dan 55:45 untuk gas. Adapun cost recovery adalah penggantian biaya operasi hulu migas kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

"Minimum komitem pasti untuk WK Akia adalah studi G&G, dan akuisisi dan processing seismik 3D 750 km persegi," kata Tutuka dalam pengumumam penawaran WK Migas Tahap I Tahun 2023 yang dilaksanakan secara daring pada Senin (10/4).

Selanjutnya ada WK Beluga yang berlokasi di lepas pantai Natuna Barat. WK penawaran langsung ini ditaksir memiliki potensi sumber daya sebesar 360 juta barel minyak (MMBO) dan 50 miliar kaki kubik (BCF) gas dengan luas wilayah 8.472,44 km persegi.

Pemerintah mematok minimum komitmen pasti untuk WK Beluga adalah studi G&G dan pengeboran satu sumur eksplorasi. "WK ini ditawarkan menggunakan kontrak bagi hasil cost recovery dengan split 60:40 untuk minyak dan 55:45 untuk gas," ujar Tutuka.

Kementerian ESDM juga mengadakan lelang untuk WK Bengara I yang lokasinya terletak di daratan (onshore) Kalimantan Utara. WK dengan luas wilayah 922,17 km persegi memiliki perkiraan potensi sumber daya sebesar 91 juta barel setara minyak dan gas bumi (MMBOE).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...