Penjualan Mobil Listrik Global Naik 55%, Sentuh Rekor 10,5 Juta Unit

Happy Fajrian
11 April 2023, 15:59
penjualan mobil listrik, kendaraan listrik,
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc.
Manajer Komunikasi PLN Wilayah Riau Kepri Tajuddin Nur melakukan pengisian daya baterai sebuah mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN di Dumai, Riau, Jumat (31/3/2023).

Penjualan mobil listrik global terus meningkat. Menurut data EV Volumes, sepanjang tahun 2022 terjual 10,52 juta unit mobil listrik baterai dan mobil listrik hybrid plug in di seluruh dunia, meningkat 55,46% dibandingkan penjualan tahun sebelumnya di angka 6,76 juta unit.

Jumlah tersebut menyumbang 13% dari keseluruhan penjualan mobil di dunia, dengan rincian 9,5% mobil listrik baterai dan 3,5% mobil listrik hybrid plug in, meningkat dari 8,3% pada tahun sebelumnya.

Analis dari Counterpoint Technology Market Research, Abhik Mukherjee, mengatakan bahwa penjualan mobil listrik global mencapai rekor tertinggi pada kuartal IV 2022. Namun penjualan bisa lebih tinggi hingga 11 juta unit jika saja tidak terjadi infeksi baru Covid-19 di Cina pada November dan Desember.

“Infeksi baru Covid-19 di Cina berdampak pada produksi dan penjualan mobil listrik serta mengganggu rantai pasok komponen. Terlepas dari hambatan ini, merek Cina berhasil mencatat pertumbuhan yang kuat,” ujar Mukherjee seperti dikutip dari EE Times pada Selasa (11/4).

Pada 2022, banyak merek Cina yang mulai berekspansi di pasar seperti Eropa, Asia Tenggara, dan Amerika Latin. Merek Cina cenderung mendominasi di Asia Tenggara dan Amerika Latin karena sangat sedikit merek yang beroperasi di wilayah ini. Namun terjadi pertarungan sengit untuk memperebutkan pasar Eropa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...