VW dan Kanada Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Senilai Rp 221 T

Happy Fajrian
24 April 2023, 17:10
volkswagen, kendaraan listrik, baterai kendaraan listrik, investasi, kanada
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthias Rietsche/aww/sad.
Seorang teknisi mengerjakan model Volkswagen ID.4 di jalur produksi untuk model mobil listrik Grup Volkswagen di Zwickau, Jerman, Selasa (26/4/2022).

Kanada dan Volkswagen (VW) bekerja sama untuk membangun gigafactory atau pabrik raksasa baterai kendaraan listrik senilai C$ 20 miliar atau sekitar Rp 221 triliun di St. Thomas, Ontario.

Ini menjadi investasi tunggal terbesar yang pernah ada dalam rantai pasok kendaraan listrik di Kanada. Adapun VW akan menginvestasikan hingga C$ 7 miliar atau Rp 77,4 triliun untuk membangun pabrik tersebut.

Sementara pemerintah federal Kanada akan menyediakan kredit pajak manufaktur hingga senilai C$ 13,2 miliar atau Rp 145,9 triliun hingga 2032, sesuai dengan subsidi produksi US$ 35 per kWh yang ditawarkan Inflation Reduction Act (IRA) Amerika Serikat (AS). Pemerintah Kanada juga akan memberikan hibah C$ 700 juta atau Rp 7,7 triliun.

Sementara itu pemerintah Ontario juga akan menyediakan C$ 500 juta atau Rp 5,5 triliun dalam bentuk investasi langsung kepada VW serta ratusan juta dolar untuk meningkatkan infrastruktur lokal.

“(Investasi) ini akan bernilai lebih dari C$ 200 miliar untuk ekonomi Kanada selama beberapa dekade mendatang,” kata Perdana Menteri Justin Trudeau seperti dikutip Reuters, Senin (24/4). “Itu akan menjadi jangkar rantai pasokan kendaraan listrik Kanada”.

“Ini akan menyediakan jutaan demi jutaan baterai untuk menggerakkan industri otomotif Kanada dan dampak ekonomi dari proyek ini akan sama dengan nilai investasi pemerintah dalam waktu kurang dari lima tahun,” kata Trudeau menambahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...