Harga Batu Bara Terus Merosot Meski Impor Cina Cetak Rekor

Happy Fajrian
26 April 2023, 11:31
harga batu bara, cina
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi tambang batu bara.

Harga batu bara terus mengalami penurunan sepanjang tahun ini. Merosotnya harga terjadi di tengah tingginya impor batu bara oleh Cina untuk mengantisipasi lonjakan permintaan energi setelah dicabutnya kebijakan zero Covid-19 dan mulai datangnya musim panas.

Harga batu bara di ICE Newcastle untuk pengiriman April 2023 yang hampir berakhir kini berada di US$ 189,05 per ton. Harga ini turun dari US$ 328,45 pada awal tahun. Sejak awal Februari, harga bergerak relatif landai di kisaran US$ 205 – 174 per ton.

Sedangkan harga untuk pengiriman Mei 2023 turun menjadi US$ 186,85 dari US$ 312,75 pada awal tahun. Sejak awal Februari harga bergerak landai di kisaran US$ 212 – 176 per ton.

Cina membukukan rekor impor batu bara selama dua bulan berturut-turut pada Maret dan April seiring upaya perusahaan pembangkit listrik untuk meningkatkan output pembangkitan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan energi.

Mengutip data lalulintas kapal kargo batu bara dari Kpler, total impor batu bara termal Cina pada Maret 2023 melonjak 81% menjadi 65 juta ton dibandingkan periode setahun sebelumnya. Sedangkan impor pada April naik sekitar 77%.

Sebelumnya harga batu bara termal Benchmark Newcastle mencapai rekor tertinggi US$ 440 per ton pada awal Maret 2022, dipicu oleh kekhawatiran akan ketatnya pasokan karena negara-negara Barat berjanji untuk menjatuhkan sanksi pada sistem keuangan dan produk energi Rusia yang menginvasi Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...