Konsumsi BBM Mudik Lebaran 2023 Naik 42%, Jauh di Atas Prediksi 10%

Muhamad Fajar Riyandanu
26 April 2023, 12:33
konsumsi bbm, bbm, pertamina, mudik lebaran 2023,
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/aww.
Petugas mengisi bahan bakar minyak kendaraan pemudik di pertashop rest area 287 A jalan tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (17/4/2023).

PT Pertamina mencatatkan pertumbuhan konsumsi bensin atau gasoline meningkat 42% pada masa puncak arus mudik lebaran 2023 yang jatuh pada 20 April atau H-2 Hari Raya Idulfitri. Peningkatan tersebut jauh diatas prediksi kenaikan 10% sebelumnya.

Guna menjaga ketahanan suplai bensin saat periode mudik tahun ini, Pertamina meningkatkan realisasi penyaluran gasoline yang terdiri dari Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo rata-rata 5,4% dari realisasi distribusi Maret 2023.

Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, mengatakan bahwa secara umum perseoran telah mengantisipasi kenaikan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) dengan menyiapkan sarana dan fasilitas serta layanan tambahan seperti modular BBM, mobil tanki standby, serta motoris pengantar BBM.

"Langkah-langkah itu yang akan membantu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," kata Irto kepada Katadata.co.id, melalui pesan singkat WhatsApp pada Rabu (26/4).

Di sisi lain, Irto juga mengabarkan bahwa serapan gasoil atau produk solar seperti Biosolar, Pertamina Dex, dan Dexlite mengalami penurunan 28,5% dari kondisi normal. "Untuk yang saat puncak tanggal 20 April, demand gasoil turun 28,5% dari rerata normal," ujar Irto.

Perusahaan Migas pelat merah itu sebelumnya memproyeksikan serapan BBM bersubsidi Pertalite meningkat 10% menjadi 89.553 kilo liter (kl) per hari selama periode lebaran dan Hari Raya Idulfitri 2023, dari sebelumnya 81.372 kl per hari.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...