Didorong Insentif, Penjualan Mobil Listrik Global Diramal Naik 35%

Happy Fajrian
27 April 2023, 13:06
penjualan mobil listrik, subsidi mobil listrik, insentif kendaraan listrik
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Seorang Sales Promotion Girl (SPG) berdiri di samping mobil listrik Lexus pada Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Indonesia Convention Centre (ICE) BSD City, Tangerang, Kamis (11/8).

Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan penjualan mobil listrik tahun ini naik hingga 35% menjadi 14 juta unit di seluruh dunia. Penjualan kendaraan bebas emisi ini akan mencapai porsi 18% dari total penjualan mobil global, naik dari hanya 4% pada 2020.

Lonjakan penjualan mobil listrik tahun ini didorong oleh turunnya harga mobil listrik model kecil yang semakin kompetitif dengan mobil BBM, serta beragam insentif dan subsidi yang diberikan berbagai negara untuk meningkatkan penggunaan kendaraan bebas emisi.

Advertisement

“Hampir satu dari lima mobil yang dijual secara global tahun ini adalah mobil listrik. Dengan harga model EV yang lebih kecil turun menyaingi mobil bermesin BBM di Amerika Utara dan Eropa pada pertengahan 2020-an,” tulis laporan IEA, dikutip Kamis (27/4).

Adapun penjualan mobil listrik akan didominasi oleh Cina yang memproduksi separuh dari EV yang beredar di jalanan di seluruh dunia saat ini, termasuk mobil listrik berbasis baterai dan mobil listrik hybrid. “Sekitar 60% penjualan EV tahun lalu terjadi di Cina,” tulis laporan IEA.

Kepala kebijakan teknologi energi IEA Timar Guell mengatakan bahwa Cina juga memproduksi beberapa model EV yang harganya semakin terjangkau dan setara dengan mobil BBM di sana.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement