Kremlin Tuding Ukraina Berupaya Bunuh Vladimir Putin Menggunakan Drone

Happy Fajrian
4 Mei 2023, 08:12
vladimir putin, ukraina, rusia, perang rusia ukraina, drone
ANTARA FOTOMaxim Shemetov/hp.
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri parade memperingati Hari Angkatan Laut di Saint Petersburg, Rusia 31 Juli 2022.

Rusia menuding Ukraina berupaya untuk membunuh Presiden Vladimir Putin menggunakan serangan pesawat nirawak atau drone di istana Kremlin di Moskow pada Rabu (3/5).

Pemerintah Rusia mengatakan bahwa telah mencegat dua pesawat nirawak yang diarahkan ke Kremlin. Dengan tindakan tepat waktu yang diambil oleh militer dan dinas khusus dengan penggunaan sistem radar perang, ancaman dua drone tersebut dapat dinetralisir.

“Kami menganggap aksi ini sebagai aki teroris terencana dan upaya pembunuhan presiden (Putin) yang dilakukan pada malam Hari Kemenangan, Parade 9 Mei, di mana kehadiran tamu asing juga direncanakan,” tulis Kremlin dalam pernyataannya, dikutip dari Reuters, Kamis (4/5).

Pecahan drone berserakan di halaman Kremlin tetapi tidak ada korban luka atau kerusakan, katanya. Putin sendiri dilaporkan dalam kondisi aman. Kantor berita RIA mengatakan Putin tidak berada di Kremlin pada saat itu, dan sedang bekerja pada hari Rabu di kediaman Novo Ogaryovo di luar Moskow.

“Pihak Rusia berhak mengambil tindakan pembalasan di mana dan kapan pun dianggap perlu,” tambah Kremlin.

Mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev, sekarang wakil kepala Dewan Keamanan Rusia, mengatakan insiden itu tidak memberi Rusia pilihan selain secara fisik melenyapkan Zelenskiy dan kelompoknya.

Sementara itu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa Kyiv tidak ada hubungannya dengan insiden semalam. “Kami tidak menyerang Putin, atau Moskow. Kami berperang di wilayah kami,” kata Zelensky dalam konferensi pers saat berkunjung ke Finlandia.

Seorang pembantu senior Zelenskiy menyebut tuduhan itu sebagai tanda bahwa Kremlin sedang merencanakan serangan besar baru di Ukraina, pada saat titik balik potensial dalam perang saat Kyiv bersiap untuk melakukan serangan balasan yang telah lama dinanti.

Tak lama setelah pengumuman Kremlin, Ukraina melaporkan peringatan akan serangan udara di ibu kota Kyiv dan kota-kota lain.

Asap di Atas Kremlin

Dua dari banyak video yang dipublikasikan di saluran media sosial Rusia menunjukkan dua objek terbang di lintasan yang sama menuju salah satu titik tertinggi di kompleks Kremlin, kubah Senat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...