Pemimpin Dunia Hadiri Penobatan Raja Charles III, Joe Biden Absen

Happy Fajrian
6 Mei 2023, 15:23
raja charles iii, kerajaan inggris, inggris, joe biden,
ANTARA FOTO/REUTERS/Hannah McKay/RWA/dj
Kerajaan Inggris akan menggelar acara penobatan Raja Charles III hari ini, Sabtu (6/5), yang akan dihadiri sejumlah pemimpin dunia.

Para pemimpin dunia dan selebritas dilaporkan akan menghadiri prosesi penobatan Raja Charles III hari ini, Sabtu (6/5). Namun beberapa nama besar kemungkinan besar akan absen, salah satunya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang akan diwakili istrinya atau Ibu Negara Jill Biden.

Raja Charles III akan dinobatkan sebagai Raja Britania Raya hari ini dalam upacara yang sangat tradisional dan mewah. Penobatannya hanya akan dihadiri seperempat dari 8.000 tamu yang disambut ibunya, Elizabeth II, pada penobatannya tahun 1953.

Ratusan undangan adalah anggota masyarakat yang diakui Kerajaan Inggris atas kerja mereka di bidang amal, sehingga menyisakan lebih sedikit ruang untuk bangsawan dan politisi Inggris, yang dilaporkan beberapa orang di antaranya merasa dilecehkan karena tidak mendapat undangan.

Adapun konser penobatan, yang diadakan hari Minggu (7/5), akan lebih bertabur bintang, menampilkan penampilan dari Katy Perry dan Tom Cruise.

Mengutip laporan Forbes, para pemimpin dunia yang akan menghadiri acara penobatan ini adalah sebagai berikut:

  • Sebagian besar Keluarga Kerajaan, termasuk Pangeran William dan Catherine Middleton, Pangeran Harry tanpa Meghan Markle, Pangeran Andrew, dan Putri Anne.
  • Ibu Negara Amerika Serikat Jill Biden akan hadir tanpa Presiden Joe Biden. Meski demikian sebelumnya memang tidak pernah ada Presiden AS yang menghadiri penobatan raja atau ratu Inggris.
  • Perdana Menteri Rishi Sunak akan menghadiri dan membacakan ayat Alkitab pada upacara tersebut. Mantan perdana menteri Liz Truss dan Tony Blair dilaporkan akan hadir.
  • Menteri Pertama Skotlandia Humza Yousaf dan pemimpin partai Sinn Féin Irlandia Utara Michelle O'Neill akan hadir.
  • Presiden Prancis Emmanuel Macron dilaporkan akan hadir untuk menunjukkan rasa persahabatan, rasa hormat, dan bangganya untuk Inggris.
  • Beberapa bangsawan asing akan hadir di antara para tamu, termasuk Pangeran Albert dari Monako, Putra Mahkota Frederik dan Putri Mary dari Denmark, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda, Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia, Raja Carl XVI Gustaf dan Putri Mahkota Victoria dari Swedia, Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol dan Putra Mahkota Fumihito dan Putri Mahkota Kiko dari Jepang.
  • Para pemimpin dunia lain yang diharapkan hadir termasuk Presiden Polandia Andrzej Duda, Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif, Presiden Filipina Ferdinand Marcos, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau,
  • Cina dan India masing-masing akan diwakili oleh wakil presiden mereka, Han Zheng dan Jagdeep Dhankhar.
  • Ursula von der Leyen akan mewakili Komisi Eropa pada penobatan tersebut.
  • Para selebriti yang diundang termasuk duo komedi Inggris Anthony McPartlin dan Declan Donnelly (dikenal sebagai Ant & Dec), aktris Joanna Lumley, pemimpin redaksi British Vogue Edward Enninful dan musisi Australia Nick Cave.

Awalnya hanya 40 Anggota Parlemen yang diharapkan hadir, tetapi 400 tiket tambahan dilaporkan telah disediakan bagi anggota parlemen untuk berdiri di area terpencil di Parliament Square.

Di antara peserta akan ada 850 anggota masyarakat, termasuk 450 penerima Medali Kerajaan Inggris dan 400 orang dari kelompok yang dipilih oleh Keluarga Kerajaan sebagai pengakuan atas layanan kepada komunitas mereka.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...