Ekonomi Meningkat, Harga Pangan Global Naik pada April 2023

Happy Fajrian
6 Mei 2023, 21:26
harga pangan, fao
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/YU
Buruh tani merontokkan padi dengan mesin tradisional saat panen di Pelem, Simo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (5/3/2023).

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) melaporkan kenaikan harga pangan global untuk pertama kalinya dalam setahun pada April 2023. Meski demikian harga-harga masih 20% lebih rendah dari rekor tertinggi pada Maret 2022 setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Indeks harga FAO, yang melacak komoditas makanan yang paling banyak diperdagangkan secara global, rata-rata 127,2 poin pada April, naik dibandingkan bulan sebelumnya 126,5.

“Kenaikan indeks harga April mencerminkan harga yang lebih tinggi untuk gula, daging, dan beras, yang mengimbangi penurunan indeks harga sereal, susu, dan minyak sayur,” kata FAO seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (6/5).

Kepala ekonom FAO Maximo Torero mengatakan bahwa saat ekonomi pulih dari perlambatan yang signifikan, permintaan akan meningkat. “Ini memberikan tekanan ke atas pada harga pangan,” ujarnya.

Indeks harga gula melonjak 17,6% dari Maret, mencapai level tertinggi sejak Oktober 2011. FAO mengatakan kenaikan itu terkait dengan kekhawatiran pasokan yang lebih ketat menyusul revisi turun perkiraan produksi untuk India dan Cina, bersama dengan output yang lebih rendah dari perkiraan sebelumnya di Thailand dan Uni Eropa.

Sementara indeks harga daging naik 1,3% bulan ke bulan, harga susu turun 1,7%, harga minyak sayur turun 1,3% dan indeks harga sereal turun 1,7%, dengan penurunan harga dunia dari semua biji-bijian utama melebihi kenaikan harga beras.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...