Laba Bersih Saudi Aramco Anjlok 19% Imbas Merosotnya Harga Minyak

Happy Fajrian
9 Mei 2023, 15:13
saudi aramco, harga minyak, laba bersih, arab saudi
Katadata
Laba bersih raksasa migas Arab Saudi, Saudi Aramco, merosot 19% pada kuartal I 2023 imbas turunnya harga minyak.

Laba bersih kuartal pertama raksasa minyak Saudi Aramco turun 19% dari tahun sebelumnya menjadi 119,54 miliar riyal (US$ 31,88 miliar atau Rp 470 triliun) imbas merosotnya harga minyak.

Meski begitu capaian laba tersebut masih di atas perkiraan rata-rata analis sebesar US$ 30,8 miliar, menurut data Refinitiv, dan Aramco mengatakan penurunan tersebut sebagian diimbangi oleh pajak yang lebih rendah termasuk pajak zakat Islam dan kenaikan pendapatan keuangan dan lainnya.

Pendapatan minyak kerajaan turun 3% pada kuartal pertama menjadi 178,6 miliar riyal sementara pendapatan non-minyak naik 9%.

Pemotongan produksi dan harga minyak yang lebih rendah diperkirakan akan membebani pertumbuhan Saudi, dengan IMF memproyeksikan pertumbuhan PDB menjadi lebih dari separuh tahun ini menjadi 3,1% dari 8,7% pada tahun 2022, di antara yang tertinggi di G20.

Aramco akan membayar dividen US$ 19,5 miliar atau sekitar Rp 288 triliun untuk kuartal pertama, sejalan dengan kuartal sebelumnya. CEO Amin Nasser mengatakan Aramco sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan dividen terkait kinerja, selain distribusi dasarnya.

“Pembayaran tambahan akan menargetkan 50-70% dari arus kas bebas tahunan, setelah dikurangi dividen dasar dan jumlah lain termasuk investasi eksternal,” kata Amin Nasser dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, Selasa (9/5).

Aramco mencapai kesepakatan untuk memperluas bisnis hilirnya di luar negeri pada kuartal pertama, termasuk investasi di Cina dan menyelesaikan akuisisi bisnis produk Valvoline Inc senilai US$ 2,76 miliar.

“Kami juga bergerak maju dengan ekspansi kapasitas kami, dan prospek jangka panjang kami tetap tidak berubah karena kami yakin minyak dan gas akan tetap menjadi komponen penting dari bauran energi global di masa mendatang,” kata Nasser.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...