Donald Trump Terbukti Melakukan Pelecehan Seksual, Divonis Rp 74 M

Happy Fajrian
10 Mei 2023, 07:13
donald trump, pelecehan seksual,
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria/WSJ/cf
Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump divonis bersalah atas dugaan pelecehan seksual terhadap mantan kolumnis majalah Elle.

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45 Donald Trump terbukti telah melakukan pelecehan seksual terhadap mantan kolumnis majalah Elle bernama E. Jean Carroll pada 1990-an dan divonis membayar ganti rugi sebesar US$ 5 juta atau sekitar Rp 74 miliar. Trump juga memfitnah Carroll dengan mencapnya sebagai pembohong.

“Hari ini, dunia akhirnya mengetahui kebenarannya. Kemenangan ini bukan hanya untuk saya tapi untuk setiap wanita yang menderita karena dia tidak dipercaya,“ kata Carroll dalam sebuah pernyataan usai vonis persidangan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (9/5).

Pengacara Trump, Joseph Tacopina, menyatakan kliennya akan mengajukan banding. Selama banding tersebut, Trump belum diwajibkan untuk membayar ganti rugi kepada Carroll.

Carroll, 79, bersaksi di persidangan bahwa Trump, 76, memperkosanya di ruang ganti department store Bergdorf Goodman di Manhattan pada tahun 1995 atau 1996, kemudian merusak reputasinya dengan menulis bahwa dia adalah "pekerjaan penipu lengkap", "tipuan", dan "kebohongan", di platform Truth Social miliknya pada Oktober 2022.

Trump absen selama persidangan yang dimulai pada 25 April. Dalam sebuah postingan di platform Truth Social miliknya, Trump menyebut putusan itu sebagai "aib" dan berkata, "Saya sama sekali tidak tahu siapa wanita ini."

Karena ini adalah kasus perdata, Trump tidak menghadapi konsekuensi pidana dan, dengan demikian, tidak pernah ada ancaman penjara. Juri, yang diharuskan mencapai keputusan dengan suara bulat, berunding kurang dari tiga jam. Enam pria dan tiga wanitanya memberi Carroll US$ 5 juta sebagai ganti rugi dan hukuman.

Pada bulan April, Trump hanya memberikan kepada regulator pemilu perkiraan kasar kekayaannya yang diperlukan dalam pengungkapan keuangan, mencantumkan lebih dari selusin properti masing-masing bernilai lebih dari US$ 50 juta.

Trump Salah Mengira Carroll dengan Mantan Istri

Carroll bersaksi bahwa dia bertemu Trump di Bergdorf's dan setuju untuk membantunya memilih hadiah untuk wanita lain. Keduanya melihat pakaian dalam sebelum dia membujuknya ke ruang ganti, membenturkan kepalanya ke dinding, menurunkan celana ketatnya dan melakukan penetrasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...