Pertamina Temukan Cadangan Gas Baru di Blok Sanga Sanga

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Mei 2023, 13:48
pertamina, sumur migas, eksplorasi migas, sumber daya gas, blok sanga sanga
www.skkmigas.go.id
Ilustrasi pengeboran migas.

SKK Migas bersama Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) melaporkan telah menemukan sumber hidrokarbon berupa gas melalui pengeboran Sumur Eksplorasi Helios D-1X. Sumur eksplorasi tersebut terletak di Desa Jawa, Kecamatan Sanga Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Deputi Eksplorasi Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas, Benny Lubiantara, berharap penemuan sumur itu dapat menambah cadangan minyak dan gas (migas) guna mendukung ketahanan energi nasional. Sumur Helios D-1X dibor secara directional menggunakan Rig Elnusa EMR-01 (1.000 HP).

Advertisement

Benny menjelaskan, pada 5 Oktober 2022 sumur ini ditajak dan mencapai kedalaman akhir di 9,368 ftMD pada 2 Februari 2023. Berdasarkan data yang didapat, hasil DST#1 KY 1400 di kedalaman 8,451.5 – 8,583 ftMD menunjukkan adanya low influx hidrokarbon dan saat ini masih dalam tahap evaluasi.

Sedangkan, untuk DST#2 KY 1200.1 pada 7,814 – 7,824 ftMD didapatkan flow rate gas sebesar 2,4 juta kaki kubik gas per hari a(MMSCFD) pada bukaan choke 28/64 inci. Status per 10 Mei 2023, sumur Helios D-1X sedang melanjutkan testing dan observasi potensi sumur pada interval DST#2.

Benny memberikan apresiasi kepada segenap tim PHSS dan mitranya yang telah berhasil menemukan hidrokarbon pada pengeboran sumur eksplorasi Helios D-1X. Menurutnya, penemuan sumur tersebut menjadi kabar positif bagi industri hulu migas dan seluruh pemangku kepentingan yang terkait.

“Selamat dan apresiasi kepada PHSS dan para mitra yang terlibat dalam kegiatan pengeboran sumur eksplorasi Helios D-1X atas penemuan Hidrokarbon tersebut," kata Benny dalam siaran pers, Kamis (11/5).

Benny menambahkan bahwa penemuan hidrokarbon tersebut menunjukkan bahwa potensi hulu migas di Indonesia masih menjanjikan, sehingga dapat terus berkontribusi dalam mendukung program pemerintah dalam ketahanan energi nasional.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement